Thumb

14Aug, 2019

SISWA TELADAN BERKURBAN UNTUK MEMUPUK KEPEDULIAN SOSIAL

Yogyakarta, 14 Agustus 2019. Bertepatan dengan hari Tasrikh ke-3, para siswa SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta mengadakan peringatan Idul Adha 1440H dengan menyembelih 2 ekor sapi. Satu ekor sapi disembelih di Desa Nganggring, Kecamatan Turi pada hari Minggu, 10 Agustus 2019, sedangkan yang seekor disembelih di sekolah. Kegiatan ini sekaligus untuk merayakan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Serangkaian kegiatannya meliputi penyembelihan hewan kurban berupa sapi, dilanjutkan dengan pengeletan, pencacahan daging, dan pengemasan daging untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu. Pengemasan daging kurban menggunakan besek yang diberi alas daun pisang untuk mengurangi sampah plastik karena SMA Teladan merupakan Sekolah Adiwiyata Nasional. Bersamaan dengan itu diadakan lomba, antara lain: Lomba Futsal antar kelas, lomba menyanyi, dan lomba masak dengan bahan dasar daging sapi. Acara dilanjutkan dengan makan bersama, pengajian, dan pembagian daging kurban kepada masyarakat sekitar. Seluruh siswa, bukan hanya siswa beragama Islam, siswa Kristen, Katholik, maupun Hindu berpasrtisipasi aktif dalam kegiatan kurban tersebut. Tidak ada intoleransi di SMA Teladan Yogyakarta.

Meski hari ini para siswa tidak ada kegiatan pembelajaran di kelas, mereka banyak belajar tentang nilai-nilai kehidupan yang sarat makna. Karakter sosial terbentuk dengan berbagi kepada sesama, saling menghargai, hidup berdampingan secara rukun dan harmonis, dan karakter mulia lainnya.