Thumb

06Feb, 2024

WIRASAHA : KELAS X MENJUAL ANEKA PRODUK INOVATIF PADA GELAR KARYA KEWIRAUSAHAAN

Selasa 6/2/24. Kelas X SMAN 1 Yogyakarta menggelar karya dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Kewirausahaan berjudul Wirasaha. Projek ini bertujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa dan mengembangkan kreatifitas dalam usaha.
"Bapak Ibu seperti yang kita lihat dengan kurikulum merdeka ini anak-anak kita menjalani projek untuk mendapatkan pengalaman secara nyata dengan praktik. Sekarang sudah tema ketiga dari tujuh tema. Harapannya dengan judul Wirasaha ini bisa menumbuhkan dan melatih jiwa kewirausahaan dan kreativitas anak-anak” sambut Pak Kepala Sekolah, Drs, Jumadi, M.Si sebelum memotong pita simbol pembukaan gelar karya hari ini. 

Gelar karya yang diselenggarakan di area lobi baru, aula katamso dan lapangan GOR indoor SMAN 1 Yogyakarta dibuka pukul 8 dan dihadiri dengan antusias oleh para orang tua siswa kelas X dan seluruh siswa SMAN 1 Yogyakarta sebagai pengunjung stand. Total pengunjung ada 4266 orang dan stand dengan produk terbaik adalah E1 dengan total prosentase vote 33%.


Produk X E1 Gantungan Kunci Nusantara Jawa (Keychain), Bootea (Teh telang susu), Cubit Aku Tayang (Kue Cubit dengan kasih sayang).
Produk X E2 Motengpon (Mochi Sekoteng Klepon), CHIBI (Churros Ubi Ungu Cinnamon). Kim phitei (Kimbab Ayam Geprek Saus Mentai).
Produk X E3 Pangsit Isian (PANGAN), Blue Moon (Lemon Telang), Kokies Kolak.
Produk X E4 Gantungan kunci (Blocca tutto) , gelang (Charmolly), Phone strap (Qweetie).
Produk X E5 Nispon Time (Brownies Krispi rasa Klepon), Mushpaoo (Bakpao isi Jamur dan Rendang), I-Boy (Es Lidah Buaya).
Produk X E6 Teamos (soda dan the), Spotaze (minuman toping jahe), ngubisitta (dessert ubi ungu).
Produk X E7 KEMUDE (wedang kembang tahu+ ronde), Dawet Buaya (versi es krim dan tidak), esemu (es krim jamu)
Produk X E8 Pawnote (Notebook), Safari Sip (Tumbler), Foretote (Totebag)
Produk X E9 es krim ronde ( es konde), kopi ketjup (kopi susu kecap), dawet fantasi (dawet, cendol ubi warna warni).

“Keberhasilan gelar karya wirasaha ini dibuktikan dengan terdapat 27 aneka produk inovasi dengan memadukan ide yang viral dan tradisional maupun modern yang ditunjukkan oleh siswa.  Strategi marketing dan Analisa keuangan menjadi bagian dari kriteria penialian P5 tema ini.”ungkap Bu Dian Hikmah Ismarini, S.Pd koordinator projek. (RBN).