Thumb

18Nov, 2022

Lika-Liku dibalik Empat Medali FIKSI 2022

SMA Negeri 1 Yogyakarta berhasil meraih empat medali dalam ajang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2022. Kemenangan tersebut diraih oleh kelompok Ship-Aja! (Alisha Diandra) dan Eg-Grow (Najwa Anggi dan Athaya Zea) yang memperoleh medali perunggu, Fushio (Adristi dan Fathia Nayli) dengan perolehan medali perak dan Skotelu (Amanda Zhafira dan Nayla Rizka) sebagai peraih medali emas.


Kemenangan kelompok tersebut tercapai melalui proses panjang, setidaknya sejak 11 bulan yang lalu. Mulai dari proses observasi potensi dan rekruitmen pada bulan Januari, tercatat 60 kelompok yang diseleksi secara internal. Melalui tahapan tersebut, terpilihlah 33 kelompok yang dianggap layak untuk seleksi berikutnya. Sebanyak 12 kelompok dinyatakan lolos seleksi dari Sagasitas dan mendapatkan bantuan dana sekaligus bimbingan intens, 8 dari 48 kelompok yang belum lolos memutuskan untuk berjuang dengan dana pribadi.


Kegagalan selama proses menjadi hal biasa yang harus dilakoni. Dengan modal ketekunan, semangat serta arahan dari pembimbing, terpilihlah 5 kelompok finalis yang kemudian berhasil mengukir prestasi dengan membawa pulang 4 medali.


Kesuksesan yang diraih tidak terlepas dari niat tulus dan kerja keras Bu Danti selaku Guru Pembimbing. Memperkaya pengalaman melalui berbagai riset, pendampingan dilakukan dengan hati-hati. Berbagai upaya ekstra seperti simulasi pameran dan berbagai latihan pra-perlombaan turut dilakukan, sehingga finalis memiliki kesiapan maksimal. 


Dok. Tim Skotelu dalam Simulasi Pameran FIKSI 2022

Mendapatkan empat medali sekaligus merupakan sebuah kebanggaan, namun berpuas diri dan larut dalam euforia kemenangan bukan sebuah pilihan. Perlu adanya evaluasi dan perencanaan kedepannya, sehingga perolehan prestasi kedepannya bisa meningkat.
"lika-liku, suka-duka sudah dilewati, kita perlu bersyukur, cooling down sejenak, kedepannya langsung berjuang lagi untuk mempersiapkan FIKSI tahun depan", tegas Bu Danti. (Nry)